Strategi Pembelajaran Blanded Learning Pasca Pandemi Covid-19 di MTs. Muhammadiyah Bonebolango
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Blanded Learning, Pandemi CovidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Blanded Learning pasca Pandemi Covid-19 di MTs Muhammadiyah Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif/non statistika atau deskriptif-kualitatif. Subyek penelitian yaitu tenaga pendidik dan peserta didik MTs Muhammadiyah Bone Bolango. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menununjukan bahwa; strategi pembelajaran blanded learning di MTs Muhammadiyah Bone Bolango pasca pandemi Covid-19 dilakukan secara kombinasi antara pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka. Adapun pembelajaran online dilakukan melalui media Google Classroom, WhatsApp Group, dan Zoom Metting. Sedang pembelajaran tatap muka dilakukan didalam ruang kelas dengan berdurasi 1 jam untuk setiap mata pelajaran pada setiap kelas. Pengkombinasian edua strategi pembelajaran ini dilakukan untuk menjaga keefektifan pembelajaran selama pasca Pandemi Covid-19.