Perilaku Bullying dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Herson Anwar IAIN Gorontalo
  • Zulkifli Tuna MTs Al-Falah Limboto, Gorontalo

Keywords:

Perilaku bullying, Motivasi Belajar

Abstract

Artikel ini membahas perilaku bullying peserta didik dan implikasi perilaku bullying terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Al-Falah Limboto Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Perilaku bullying peserta didik di MTs Al-Falah Limboto Barat, yakni, pertama, bullying secara fisik terkait dengan suatu tindakan yang dilakukan pelaku terhadap korbannya dengan cara memukul, menggigit, menendang dan mengintimidasi korban di ruangan dengan mengintari, mencakar, mengancam. Kedua, bullying secara non-fisik terbagi dalam dua bentuk yaitu verbal dan non-verbal. Implikasi perilaku bullying terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Al-Falah Limboto Barat, berimplikasi pada; (a) kondisi psikologis korban bullying, (b) kondisi sosial korban bullying, kedua hal tersebut berimplikasi ada motivasi belajar peserta didik (3) Solusi implikasi perilaku bullying terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo yakni; (1) Mengetahui akar permasalahan terjadinya bullying. (2) Memberikan hukuman (punishment), (3) Membuat kelompok belajar, (4) Memberikan himbauan kepada peserta didik yang melakukan bullying dan peserta didik lainnya yang berpotensi menjadi pelaku bullying, (5) Memberikan beberapa layanan dari BK kepada peserta didik korban bullying dan pelaku bullying, (6) Memberikan pengahrgaan (reward), 7) Membuat program “stop bullying”, (8) Melakukan pengawasan (Monitoring)

Downloads

Published

2023-01-02 — Updated on 2022-12-01

Versions