Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Kurikulum 2013Abstract
Tulisan ini mengkaji dan mengnalisis strategi pembelajaran Pendidikan agama Islam (PAI) pada kurikulum 2013. Tulisan ini menggunakan metode penelitian library research dengan pendekatan analisis-kritis bersifat deskriptif. Jenis dari penelitian ini adalah penelitan bersifat literatur atau penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan (library research) adalah mengumpulkan data pustaka yang diperolehdari berbagai sumber informasi kepustakaan yang berkaitan dengan obyek penelitian seperti melalui abstrak hasil penelitian, indeks, review, jurnal dan buku referensi. Hasil penelitian strategi pembelajaran PAI pada kurikulum 2013 adalah kegiatan untuk menghasilkan kurikulum baru melalui langkah-langkah penyusunan kurikulum atas dasar hasil penilaian yang dilakukan selama periode tertentu. Pengembangan kurikulum berarti perubahan dan peralihan total dari satu kurikulum ke kurikulum lain dan kemudian perubahan itu berlangsung dalam waktu yang panjang. Dalam implementasi kurikulum 2013 pendidikan karakter, perencanaan pembelajaran perlu dikembangkan untuk mengkoordinasikan karakter yang akan dibentuk dengan komponen pembelajaran lainnya, yakni standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi, indicator hasil belajar dan penilaian. Oleh karena itu, strategi pendekatan pembelajaran PAI yang berbasis pada kurikulum 2013 membutuhkan strategi khusus agar nilai-nilai keagamaan, nilai-nilai karakter kebangsaan dapat dikolaborasikan menjadi satu pembelajaran yang efektif dan membawa dampak positif terhadap terwujudnya generasi muda, khususnya anak didik yang memiliki dua dimensi karakter, yakni keagamaan dan kebangsaan.