EVALUASI MANAJEMEN KURIKULUM, PEMBELAJARAN DAN KEPESERTADIDIKAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini dibuat dengan beberapa sumber yang ada untuk mengetahui apa itu evaluasi, manajemen dan kurikulum, manajemen kurikulum adalah sebagai suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Evaluasi atau penilaian dilakukan secara bertahap, berkesinambungan, dan bersifat terbuka. Kurikulum merdeka belajar adalah sebuah kurikulum yang memberikan jiwa kemerdekaan berpikir kepada guru dan peserta didik yang mana keduanya dijadikan sebagai pelaksana kurikulum merdeka belajar.Manajemen kurikulum adalah suatu sistem yang saling berhubungan erat dan komponen pendukung. Metode, tujuan, materi pembelajaran, dan evaluasi membentuk komponen kurikulum. Semua subsistem kurikulum akan bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan bersama di bawah model ini. Sistem kurikulum akan berfungsi kurang efektif dan optimal jika salah satu variabel kurikulum tidak berfungsi dengan baik. Hasil-hasil evaluasi kurikulum dapat digunakan oleh para pemegang kebijakan pendidikan dan para perencana, dan pengembang kurikulum dalam memilih dan menetapkan kebijaksanaan pengembangan sistem pendidikan dan pengembangan model kurikulum yang digunakan.
Rincian Artikel
Referensi
Nurkholis, Pendidikan dalam Upaya Memaju Teknologi. Yogyakarta: Kanisius. (2014).
Syiuryaman MuhamadOrientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo. (2020).
Ulfatin, Nurul, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan : Teori dan Aplikasinya. Malang: Universitas Negeri Malang (2013)
Wisnu Sufelmi, Manajemen Kurikulum. Bandung: Insan Cendekia Mandiri, (2021).
Hendrika sitohang, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Medan: Nusantara Abadi, , (2022).
Erni Hasyim, Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Malang: Pascasarjan Universitas Negeri Malang (2022).
Tarkub Ahmad, Merdeka Belajar Sebagai Substansi Suatu kurikulum pembelajaran. {Bandung: Interes Media, (2021).
Ibrahim, Masiyoh, Evaluasi Kurikulum. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (2021).
Hilabi, Abdurrahman, Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Pustaka Amanah(2019).
Berman Hutahaean, Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Multidimesi Untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management(2021).
Sudarman, Pengembangan Kurikulum. Samarinda: Mulawarman University Press. (2019)
Baderiyah, Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. (Palopo: Lembaga Penerbit IAIN Palopo(2018)
Rasyid, Muhammad. Pengembangan kurikulum. Probolinggo: Pustaka Nurja. (2017).