https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/issue/feed Journal of Islamic Education Management Research 2024-08-20T00:00:00+08:00 Open Journal Systems <p>Al Minhaj</p> https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1718 PENGELOLAAN PENDIDIKAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA GORONTALO 2024-07-10T18:54:07+08:00 Atika R. Mohune tikamohune@gmail.com Arten H. Mobonggi arten_m@iaingorontalo.ac.id Lamsike Pateda lamsike@iaingorontalo.ac.id <p><em>Penelitian ini mengkaji tentang Pengelolaan Pendidikan Islamic Boarding School </em><em>dan Implikasinya </em><em>Terhadap Pengembangan Karakter dan Peningkatan Kecerdasan Spiritual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) </em><em>Pengelolaan sistem pendidikan Islamic boarding school yang dilaksanakan oleh pihak madrasah sangat efektif meskipun pada sisi lain diperlukan pengelolaan yang lebih berorientasi pada pola pembinaan akademik dan non akademik (2) </em><em>Pengembangan karakter peserta didik dalam sistem pendidikan boarding school di Madrasah Aliyah Negeri Kota Gorontalo memiliki beberapa program</em><em> sholat berjamaah, tahsin, belajar baca tulis Al-Qur’an, memperlancar bacaan panjang pendek di dalam Al-Qur’an, program ta’lim program setoran hafalan jadi setiap program tahsin dilaksanakan peserta didik selalu menyetorkan hafalan mereka. Program mufrodat, peserta didik belajar Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. (3) </em><em>Dalam peningkatan kecerdasan spiritual kepada peserta didik para pengelola asrama memiliki strategi diantaranya: memberi teladan, pembiasaan yang baik, dan nasehat oleh pengelola asrama.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Atika R. Mohune, Arten H. Mobonggi, Lamsike Pateda https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1680 PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM STUDI AL-QURAN DAN HADIS 2024-06-30T20:10:41+08:00 Firda B Hana firdahana13@gmail.com Kasim Yahiji kasimyahiji@iaingorontalo.ac.id Baso Tola basotola@gmail.com <p><em>Perencanaan pendidikan dapat berarti sebuah proses pembuatan peta perjalanan ke masa depan pendidikan.proses perencanaan pendidikan akan terus berjalan, berkembang dan memperbarui sepanjang proses itu. Penelitian ini menggunakan metode content analysis. Metode Content Analysis yang merupakan sebuah metode penelitian yang objek penelitiannya bukan manusia. Metode Content Analysis ini menggunakan teks maupun simbol yang berada dalam media. Analisis teks di dalam pesan teks didasarkan indera manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai konsep perencanaan pendidikan studi al-qur’an dan hadis, prinsip-prinsip perencanaan pendidikan studi al-qur’an dan hadis, dan langkah-langkah perencanaan pendidikan studi al-qur’an dan hadis. Sehingga kegiatan perencanaan berjalan dengan optimal. Perencanaan pendidikan yang ada dalam al-quran dan hadis merupakan perencanaan yang fleksibel.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Firda B Hana, Kasim Yahiji, Baso Tola https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1753 PENGELOLAAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA KEGIATAN KEAGAMAAN SANTRI DIPESANTREN AL HUDA KOTA GORONTALO 2024-07-15T13:26:37+08:00 Elma Toino Toino elmatoino17@gmail.com Buhari Luneto buhariluneto@iaingorontalo.ac.id Herson Anwar herson.anwar@iaingorontalo.ac.id <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Islamic Boarding School dalam menanamkan nilai karakter religius santri di Pesantren Al Huda Kota Gorontalo, bagaimana budaya kegiatan keagamaan santri dipesantren Al Huda Kota Gorontalo, apa saja kendala dan solusi pengelolaan Islamic Boarding school dalam menanamkan nilai karakter religius santri dipesantern Al Huda Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu metode untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, bahwa peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara (interview),dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan Islamic boarding school dalam menanamkan nilai karakter religius melalui budaya kegiatan keagamaan itu sendiri dilihat dari perencanaan program-program yang ada dipesantren dari penyusunan program hingga pembinaan yang terjadwal, dari sisi pengawasan disetiap program yang dijalankan dikoordinir langsung oleh penanggung jawab adapun pengorganisasian terstruktur dengan baik, selain itu kendala dipesantren Al Huda belum sepenuhnya teratasi dilihat dari pengelolaan sarana dan prasarananya yang belum maksimal.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Elma Toino Toino, Buhari Luneto, Herson Anwar https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1750 MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MEMBUDAYAKAN LITERASI MEMBACA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO 2024-07-15T09:46:49+08:00 Sri Dinawaty Suyitno sridinawatysuyitno@gmail.com Buhari Luneto buhariluneto@iaingorontalo.ac.id Lian G. Otaya lianotaya82@iaingorontalo.ac.id <p><em>Penelitian ini membahas tentang manajemen layanan perpustakaan digital dalam membudayakan literasi membaca di unit pelaksana teknis universitas negeri gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana penerapan manajemen layanan perpustakaan digital yang dilaksanakan oleh unit pelaksana teknis universitas negeri gorontalo dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam membudayakan literasi membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu metode untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, bahwa peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo, untuk pengelolaan layanan perpustakaan digital sudah dikelola dengan baik secara manajerial dengan memperhatikan fungsi perencanaan yang lebih difokuskan pada rencana anggara dan program kerja. Pengorganisasian lebih kepada pembagian tugas pada bidang masing-masing. </em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Sri Dinawaty Suyitno, Buhari Luneto, Lian G. Otaya https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1687 PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 1 BONE BOLANGO 2024-07-02T14:41:47+08:00 Djamila Paputungan Djamilapaputungan02@gmail.com Lukman Arsyad lukmanarsyad19620307@gmail.com Fatimah Djafar fatimahdjafar@iaingorontalo.ac.id <p><em>Artikel ini menginterpretasikan tentang </em><em>kemampuan membaca dan menghafal al-quran terhadap hasil belajar peserta didik </em><em>Pada mata </em><em>Al-Quran hadist</em><em>, didalamnya terdapat ayat Al Quran atau hadits Nabi yang memerlukan kemampuan khusus untuk membaca, menulis, serta menghafalkannya. </em><em>Penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan menggunakan metode kausal komparatif dimana data dikumpulkan setelah fenomena/kejadian yang diteliti berlangsung. Adapun data yang didapatkan peneliti melalui penyebaran angket kepada siswa sebagai responden mengenai masalah yang sedang diteliti. </em><em>Dalam kegiatan membaca dan menghafal Al Quran ini siswa diharapkan, selain memiliki banyaknya jumlah hafalan juga dapat melatih kemampuan membaca Al Quran siswa dengan baik dan benar, sehingga hasil belajar dari tujuan pendidikan dapat tercapai. </em><em>Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses menghafal Al Quran (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran Al-quran Hadist (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh menghafal Al Quran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran Hadist. Untuk menunjang keberhasilan siswa dalam kegiatan menghafal Al Quran, maka kelancaran menghafal Al Quran, membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan kafasihan dalam membaca Al Quran harus dimiliki oleh siswa. Selanjutnya untuk memperoleh hasil belajar siswa maka dapat dilihat dari ketiga aspek belajar, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Djamila Paputungan, Lukman Arsyad, Fatimah Djafar https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1688 KOMPETENSI GURU PAI DALAM PRAKTIKUM MATERI IBADAH PRAKTIS DI SMA NEGERI 1 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO 2024-07-02T14:50:18+08:00 Moh. Solihin Hulopi mohsolihinh@gmail.com Baso Tola btola9955@gmail.com Burhanudin A.K. Mantau burhanmantau@iaingorontalo.ac.id <p><em>Artikel ini mengelaborasi tentang kompetensi guru PAI dalam praktikum materi ibadah praktis di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah </em><em>lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. </em><em>Teknik pengumpulan data </em><em>diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi.</em> <em>Proses selanjutnya data tersebut dianalisis melalui deskripsi kualitatif.</em> <em>langkah-langkah praktikum ibadah tajhiz mayat yaitu ada dua hal yang perlu dilakukan oleh pendidik sebelum melakukan praktikum yakni pendidik harus memberikan simulasi terlebih dahulu, kemudian memberikan kepercayaan kembali pada siswa untuk mempraktikkan tanpa diajarkan. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam praktikum yang di mulai dari memandikan, mangkafani, dan menyalatkan mayat. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan praktikum adalah kurangnya fasilitas praktikum sehingga proses praktikum tazhiz mayat tidak lengkap dalam pelaksanaanya. Hal ini terlihat pada kegiatan praktikum yang di lakukan oleh siswa hanya mamandikan, mengkafani, dan meyalatkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru PAI sudah memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam praktikum materi ibadah tajhiz mayat.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Moh. Solihin Hulopi, Baso Tola, Burhanudin A.K. Mantau https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1755 PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI SE-KOTA GORONTALO 2024-07-15T13:59:19+08:00 Sukardi Ismail sukardiismail83@gmail.com Kasim Yahiji kasimyahiji@iaingorontalo.ac.id Lamsike Pateda patedalamsike@gmail.com <p><em>Dalam dunia pendidikan, kinerja dan ksejahteraan guru merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan. Dalam mengukur pengukuran kinerja pegawai, pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengembangkan sistem aplikasi untuk melakukan pengukuram kinerja pegawai di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo salah satunya adalah guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya dampak penggunaan sistem pengukuran Kinerja (Siransija) terhadap kinerja dan kesejahteraan guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) se Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan angket diantaranya terkait penggunaan siransija, kinerja guru dan kesejahteraan guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari guru-guru SMA se-Kota Gorontalo yang telah menggunakan siransija dalam menjalani aktivitas harian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS untuk pengujian hipotesis berupa uji t dan uji koefisien determinasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan siransija terhadap kinerja dan kesejahteraan guru melalui hasil analisis uji t dimana diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel untuk masing-masing variabel. Implikasi temuan ini menggarisbawahi pentingnya penggunaan Siransija dalam meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru di SMAN. Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih baik di daerah Provinsi Gorontalo.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Sukardi Ismail, Kasim Yahiji, Lamsike Pateda https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1701 STRATEGI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI DI SMP ISLAM TERPADU LUKMANUL HAKIM GORONTALO 2024-07-04T18:40:11+08:00 Kiman Dama kimandama95@gmail.com Kasim Yahiji kasimyahiji@iaingorontalo.ac.id Muh. Arif muharif@iaingorontalo.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan karakter siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo. Dilihat dari faktor pendukung dan penghambat strategi tersebut. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui Strategi Penguatan Karakter Siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Penguatan Karakter Siswa melalui Program Pengembangan Pribadi Islam di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo ditemukan melalui kegiatan sekolah yaitu sapaan pagi, mabit, belajar di alam terbuka, perkemahan Al-Qur'an, serta bentuk penguatan karakter siswa melalui pendampingan dan pembinaan kelompok, ekstrakurikuler dan ceramah sosial keagamaan serta peran serta orang tua. Terdapat tiga faktor pendukung di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo yaitu buku agenda penguatan karakter, data siswa dan sarana prasarana.</p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Kiman Dama, Kasim Yahiji, Muh. Arif https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1603 IMPLIKASI MANAJEMEN KEPESERTADIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH UMUM (KAJIAN KURIKULUM MERDEKA) 2024-06-08T13:09:37+08:00 Mantik Hasan almantikalmantik@gmail.com Abdul Haris Abdullah harisabdullah@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi manajemen kepesertadidikan yang berada di Sekolah Menengah Umum dalam Kajian Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan jenis library search atau kajian pustaka. Manajemen kepesertadidikan yang berada di Sekolah Menengah Umum pada dasarnyaKurikulum memiliki beberapa komponen, yaitu: tujuan, isi atau materi, proses pembelajaran, dan evaluasi. Keempat komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain1. Tentang urutan komponen kurikulum, para ahli berbeda pendapat, ada yang menganjurkan dirumuskan tujuan terlebih dahulu dan disusul dengan alat evaluasi, kemudian baru diadakan seleksi materi dan proses pembelajarannya. Ada pula yang mulai dengan seleksi materi yang akan dipelajari, lalu ditentukan tujuan yang akan dicapai, kemudian baru dipikirkan proses pembelajaran dan cara mengadakan evaluasi.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Mantik Hasan, Abdul Haris Abdullah https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1713 PENGARUH KEMITRAAN GURU DAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LIMBOTO 2024-07-09T19:40:09+08:00 Mega Sulistiyani Putri megasulisye@gmail.com Mujahid Damopolii mujahiddamapolii@gmail.com Razak H. Umar razakumar@gmail.com <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Tujuan Penelitian ini adalah, Menganalisis pengaruh kemitraan guru dan orangtua terhadap pendidikan karakter peserta didik di Sekolah Dasar se-Kecamatan Limboto, Menganalisis Apa saja faktor pendukung dan penghambat kemitraan guru dan orangtua di Sekolah Dasar se-Kecamatan Limboto. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan survey sedangkan metodenya yaitu deskriptif analisis, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan orangtua di Sekolah Dasar se-Kecamatan Limboto, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 63 Guru dan orangtua. Analisis Data menggunakan tekmik uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan Ý = 55.271 + 0.707X, persamaan tersebut sesuai dengan regresi linear sederhana yaitu Ý= α + bX, dimana Y adalah pendidikan karakter dan X adalah kemitraan. persamaan ini bisa ditafsirkan jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel kemitraan (X), maka nilai pendidikan karakter adalah 55.271. Sedangkan pengaruh variabel X (Kemitraan) terhadap variabel Y (Pendidikan Karakter) adalah sebesar 49,4% sedangkan sisanya 50.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.</em></p> 2024-08-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Mega Sulistiyani Putri, Mujahid Damopolii, Razak H. Umar