EVALUASI MANAJEMEN KURIKULUM, PEMBELAJARAN DAN KEPESERTADIDIKAN

Main Article Content

Sri Ningsih Ratnasari Podomi

Abstract

Artikel ini  dibuat  dengan  beberapa  sumber  yang  ada  untuk  mengetahui  apa  itu evaluasi, manajemen dan kurikulum,  manajemen  kurikulum  adalah  sebagai  suatu  sistem pengelolaan  kurikulum  yang  kooperatif,  komprehensif,  sistemik,  dan  sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Evaluasi atau penilaian dilakukan  secara  bertahap,  berkesinambungan,  dan  bersifat terbuka. Kurikulum  merdeka  belajar  adalah sebuah  kurikulum  yang  memberikan  jiwa kemerdekaan  berpikir  kepada  guru  dan peserta didik yang mana keduanya dijadikan sebagai  pelaksana  kurikulum  merdeka belajar.Manajemen kurikulum  adalah  suatu  sistem  yang  saling  berhubungan  erat  dan  komponen pendukung. Metode,  tujuan,  materi  pembelajaran,  dan  evaluasi  membentuk  komponen kurikulum. Semua subsistem kurikulum akan bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan bersama di bawah model ini. Sistem kurikulum akan berfungsi kurang efektif dan optimal jika salah satu variabel kurikulum tidak berfungsi dengan baik. Hasil-hasil evaluasi  kurikulum  dapat  digunakan  oleh  para  pemegang  kebijakan  pendidikan dan para perencana, dan pengembang kurikulum dalam  memilih dan menetapkan kebijaksanaan  pengembangan  sistem  pendidikan  dan  pengembangan  model kurikulum yang digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Nurkholis, Pendidikan dalam Upaya Memaju Teknologi. Yogyakarta: Kanisius. (2014).

Syiuryaman MuhamadOrientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo. (2020).

Ulfatin, Nurul, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan : Teori dan Aplikasinya. Malang: Universitas Negeri Malang (2013)

Wisnu Sufelmi, Manajemen Kurikulum. Bandung: Insan Cendekia Mandiri, (2021).

Hendrika sitohang, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Medan: Nusantara Abadi, , (2022).

Erni Hasyim, Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Malang: Pascasarjan Universitas Negeri Malang (2022).

Tarkub Ahmad, Merdeka Belajar Sebagai Substansi Suatu kurikulum pembelajaran. {Bandung: Interes Media, (2021).

Ibrahim, Masiyoh, Evaluasi Kurikulum. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (2021).

Hilabi, Abdurrahman, Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Pustaka Amanah(2019).

Berman Hutahaean, Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Multidimesi Untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management(2021).

Sudarman, Pengembangan Kurikulum. Samarinda: Mulawarman University Press. (2019)

Baderiyah, Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. (Palopo: Lembaga Penerbit IAIN Palopo(2018)

Rasyid, Muhammad. Pengembangan kurikulum. Probolinggo: Pustaka Nurja. (2017).