MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PENGENALAN RUKUN ISLAM MELALUI AUDIO VISUAL DI KELAS B TK ISLAM MADANIYAH TOMBO-TOMBOLO
Kata Kunci:
hasil belajar, metode kualitatif, Pendidikan agama Islam dan Budi PekertiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Rukun Islam,mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti melalui metode kuantitatif. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase Fondasi TK Islam Madaniyah Tombo-Tombolo Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 15 peserta didik. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode kualitatif berhasil meningkatkan belajar peserta didik pada materi rukun islam. Sebelum diterapkannya metode kualitatif hasil belajar peserta didik klasikal hanya 8 peserta didik (55%) yang tuntas dalam pembelajaran. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 13 peserta didik (85%) yang tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik (95%) tuntas dalam pembelajaran. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.