MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION (STAD) PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS IV
Kata Kunci:
hasil belajar, metode kooperatif Learning student teams achievent division (STAD), Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Beriman kepada Rasul Allah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode kooperatif Learning student teams achievent division (STAD). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B UPT SD NEGERI 2 BINAMU Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode kooperatif Learning student teams achievent division (STAD) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Beriman Kepada Rasul Allah. Sebelum diterapkannya metode kooperatif Learning student teams achievent division (STAD) hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 7 (46 %) peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68. Setelah diterapkannya metode kooperatif Learning student teams achievent division (STAD) pada siklus I sebanyak 13 peserta didik (86%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.6 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode kooperatif Learning student teams achievent division (STAD) mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.