PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HADIST KEBERSIHAN KELAS B TK REZKY
Kata Kunci:
hasil belajar, media Audio Visual, hadits kebersihanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hadist Kebersihan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media Audio Visual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase Fondasi Kelas B TK Rezky Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh media Audio Visual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hadist Kebersihan. Hasil penilaian kegiatan observasi yang dilaksanakan diperoleh sebanyak 67% pada siklus pertama dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada siklus kedua naik sebanyak 93% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), dengan demikian media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenal hadits tentang kebersihan. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena dengan penggunaan media Audio Visual ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.