MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA SURAH AL FATIHAH MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS I UPT SDN 175 CENDANA KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG
Kata Kunci:
Membaca Surat Al-Fatihah, Metode DemonstrasiAbstrak
Surah Al-Fatihah dalam pendidikan agama Islam, merupakan surah yang paling sering di baca oleh peserta didik. Selain sebagai surah yang wajib dibaca dalam sholat. Surah Al-Fatihah juga merupakan surah yang cukup pendek dan mudah diingat oleh peserta didik. Namun, keadaan peserta didik kelas I UPT SDN 175 Cendana Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Masih ada peserta didik yang belum mampu membaca surah Al- Fatihah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah, yaitu makhrijal huruf, melalui metode demonstrasi di Kelas I UPT SDN 175 Cendana Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Macam-macam metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah antara lain yaitu: Metode demonstrasi, pemberian tugas, latihan langsung dan lain-lain. Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yang dapat dipraktekkan, khususnya hasil belajar membaca surat Al-Fatihah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I UPT SDN 175 Cendana Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang Tahun Pelajaran 2023-2024. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan berapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah peserta didik menggunakan metode demonstrasi yaitu pada pra siklus hasil belajar membaca surat Al-Fatihah adalah 24%. Pada siklus 1 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat menjadi 52%. Pada siklus 2 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat sampai angka 84%. Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 2 maka metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah peserta didik. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik akan menambah semangat bagi peserta didik dalam proses pembelajaran seperti metode demonstrasi yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi membaca surah al-Fatihah pada kelas I UPT SDN 175 Cendana Kecamatan Anggeraja kabupaten Enrekang.