PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA POHON LITERASI DI KELAS I FASE A UPT SPF SDN 81 PALAMPANG KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA
Kata Kunci:
huruf hijaiyah, pohon literasi, classroom action researchAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar peserta didik pada materi mengenal huruf hijaiyah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media pohon literasi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 atau fase A, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode pohon literasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengenal huruf hijaiyah mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penggunaan media pohon literasi terhadap aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada materi mengenal huruf hijaiyah kelas I SD Negeri 81 Palampang. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pohon literasi di siklus I dari observer saat melaksanakan sebesar 51,3% sedangkan di siklus II dengan peningkatan mencapai 80,8%, Hasil belajar siswa pada materi Mengenal huruf hijaiyah kelas 1 SD Negeri 81 Palampang pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa dan belum tuntas 10 siswa dengan persentase 26% dengan rata rata nlai sebesar 51,06. dan siklus II menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 80% dengan rata rata nlai sebesar 80,66. dengan demikian angka ini sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh SD Negeri 81 Palampang yaitu 70. Oleh karena itu hasil belajar siswa pada pada tema Materi Mengenal huruf Hijaiyah kelas I SD Negeri 81 Palampang pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.