PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI Q.S. AL-KAFIRUN KELAS VI PADA UPT SP SDN 154 MANGKULANDE KECAMATAN MANGKUTANA
Kata Kunci:
video pembelajaran, hasil belajar.Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VI UPT SP SDN 154 Mangkulande Desa Kasintuwu Kec. Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2022 – 2023 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar dan penerapan model pembelajaran. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini adalah kelas VI UPT SP SDN 154 Mangkulande Kecamatan Mangkutana, Kabupaen Luwu Timur. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Berhasilnya penerapan Pengunaan Video Pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan, hasil belajar siswa hanya mencapai 50% dengan kategori rendah. Pada siklus I, hasil belajar siswa telah mencapai 60% dan pada siklus II, hasil belajar siswa cukup memuaskan dengan persentase 90%. Keadaan ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Penggunaan Video dapat dikatakan berhasil, dengan ketuntasan klasikal mencapai 90 %.