MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI MENERIMA QADA’ DAN QADAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN (PROYEKTOR LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD)) DI KELAS VI UPT SD NEGERI 14 BATANG

Penulis

  • Rosdiana Rosdiana UPT SD NEGERI 14 BATANG

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI peserta didik yang rata-rata masih dibawah kriteria ketuntasan minimal sekolah yaitu 6.0. Salah satu faktor penyebab adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga kemampuan peserta didik menjadi rendah. Metode ceramah sangat dominan digunakan sehingga siswa menjadi bosan, mengantuk, pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI UPT SD negeri 14 Batang dengan materi Memahami Qada dan Qadar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan berlangsung dalam dua siklus dengan subyek penelitian adalah peserta didik di kelas VI  UPT SD Negeri 14 Batang dengan jumlah peserta didik 16 orang yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 7 orang perempuan. Cara pengambilan data dalam penelitian dengan penilaian kinerja kelompok dan hasil observasi. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah jika peserta didik memperoleh nilai ≥74 dinyatakan tuntas secara individual. Secara klasikal dinyatakan tuntas jika jumlah peserta didik yang memperoleh nilai ≥ 74 telah mencapai 70% dari seluruh peserta didik. Berdasarkan data hasil belajar peserta didik pada  siklus I Rata-rata  yaitu 48%. Selanjutnya pada siklus II, hasil belajar peserta didik terus mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 86. Pada siklus ini peserta didik yang tuntas sebanyak 16 dengan rata-rata KKTP 90%.. Aktivitas guru  pada materi konsep qada dan qadar. Nilai aktivitas gurupada siklus 1 yaitu 50%, Pada siklus II persentase aktivitas guru kembali meningkat menjadi 87%.Penggunaan media proyektor Liquid Crystal Display (LCD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VI UPT SD Negeri 14 Batang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-22