UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS VII SMPN 3 BASTEM

Penulis

  • Jumarita Jumarita Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bastem

Abstrak

Penelitian ini bertujuan bahwa dalam penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII di SMPN 3 Bastem. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan kelas Kolaboratif, yakni peneliti bekerjasama dengan guru kelas VII. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, tanya jawab, diskusi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam bahwa dalam penerapan model pembelajaran problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi “Asmaul Husna” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ini terbukti setelah melakukan tes atau penilaian akhir pembelajaran pada siklus II, ternyata hasil belajar peserta didik sudah mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran, hal tersebut bisa dilihat dengan adanya perolehan nilai yang lebih baik bila dibandingkan siklus I yang tuntas mencapai ketuntasan 3,57 % .Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat 100 % dan hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan model problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai dengan yang diharapkan.

Diterbitkan

2023-03-01