PENERAPAN METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-HUJARAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Penulis

  • Asriah Asriah SDN 40 Pappota
  • Ratni Bj. Hj. Bahri IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca al-hujarat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan akhlak dengan menerapkan metode qiroati. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik di SDN No. 4 Pappota. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode qiroati meningkatkan keterampilan membaca peserta didik dengan nilai rata-rata kelas 68,58 pada siklus I (peningkatan 5,58) dan 84,82 pada siklus II (peningkatan 12,58). Dengan demikian penerapan metode qiroati pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-06