PENERAPAN METODE STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI KISAH NABI NUH AS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI BEKERTI

Penulis

  • Annisa Israel SDN 115 Manado
  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik pada materi Nabi Nuh as dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan akhlak dengan menerapkan metode bercerita. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik Fase A2 SD Negeri 115 Manado. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode storytelling meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik tahap A2 SD Negeri 115 dengan rata-rata kelas sebesar 41,6% pada siklus I (peningkatan 17%) dan 75% pada siklus II (peningkatan 33,7%). Dengan demikian penerapan metode storytelling pada materi Nabi Nuh as pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan akhlak dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-06