PENERAPAN METODE INSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Penulis

  • Aluddin Aluddin SDN 2 Popalia
  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang hikmah hijrah nabi Muhammad ke Madinah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan akhlak dengan menerapkan metode inside-outside circle. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas B2 SDN 2 Popalia yang berjumlah 13 siswa. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inside-outside circle meningkatkan hasil belajar siswa tahap B2 di SDN 2 Popalia dengan skor rata-rata 77,5 pada siklus I dan 92 pada siklus II. Selain itu, peningkatan pembelajaran juga terletak pada antusiasme siswa karena rangkaian kegiatan dalam metode Inside Outside Circle (IOC) menuntut siswa untuk menemukan sendiri jawaban atau permasalahan dalam pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif. Oleh karena itu, penerapan metode inside-outside circle pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam hikmah hijrah nabi Muhammad sangat tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-06