MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIG MELALUI PENERAPAN METODE TALKING STICK

Penulis

  • A. Izzatul Jannah SD Inpres Lara II
  • Said Subhan Posangi IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Motivasi, Talking Stick, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi "menyambut usia baligh" pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Talking Stick. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah fase B2 SD Inpres Lara II tahun 2022-2023 yang terdiri dari 14 peserta didik. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa metodeTalking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi "menyambut usia baligh". Hal ini terlihat pada siklus I, motivasi belajar siswa meningkat 61,90 (sedang)sedangkan siklus II meningkat 76,86 (tinggi). Dengan demikian, tingkat motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28,05 dari 48,81 (kondisi awal), dan sebesar 14, 96 dari 61,90 (siklus I). Di samping itu, metode ini juga menambah keaktifan dan antusias siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-03