EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ DALAM MENGAJARKAN TANDA-TANDA KEBESARAN ALLAH SWT PADA Q.S. ALI IMRAN/3: 190-191 DI SISWA KELAS XII MULTIMEDIA SMKN 1 BOLAANG
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media interaktif Quizizz dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT berdasarkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 pada siswa kelas XII Multimedia di SMKN 1 Bolaang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Pada siklus pertama, persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 34,21%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan media ini sangat positif, dengan peningkatan motivasi belajar dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media interaktif Quizizz efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam, khususnya terkait keimanan kepada Allah SWT. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk inovasi pembelajaran berbasis teknologi dalam dunia pendidikan.