PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HURUF HIJAIYAH DAN HARAKATNYA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE A KELAS 1

Penulis

  • Rafika Mokodompit

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada materi Huruf Hijaiyah dan Harakatnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Card Sort. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase A Kelas 1 SDN Inpres 12/79 Girian Bawah Kota Bitung Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Card Sort berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Huruf Hijaiyah dan Harakatnya. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mendapat persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 77% dengan 14 orang peserta didik yang mendapatkan nilai ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada sebesar 89,1% dengan 20 orang peserta didik yang mendapatkan nilai ketuntasan. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2024-06-30