UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE DISKUSI KELAS X TEKHNIK KOMPUTER JARINGAN 2 DI SMK NEGERI 2 BITUNG

Penulis

  • Fardhan Hidayah Hamsah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sejarah Masuknya Islam di Indonesia mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Jenis penilitian ini adalah penelitian yang bersifat partisipatif dan kolaboratif, penelitian tindakan kelas biasanya dilakukan sendiri oleh si peneliti dan diamati bersama dengan rekan-rekannya. Dalam PTK tahap penilitian terdiri empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik deskritif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus yakni siklus1 dan siklus2 terdiri atas 2 kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase E kelas X SMK Negeri 2 Bitung Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 16 peserta didik. Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Sejarah Masuknya Islam di Indonesia”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 4 peserta didik (25%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68,75. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (37,5%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68,75 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik (87,5%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80,62. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajara

Diterbitkan

2024-06-30