IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ZAKAT FASE C KELAS 5 DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untukmembantu peserta didik dalam memahami huruf hijaiyah dengan lebih baik, meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta memperbaiki hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SDN 4 yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan media kartu pintar interaktif berhasilmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi huruf hijaiyah. Sebelum diterapkannya model PBL dengan media kartu pintar interaktif hasil belajar peserta didiksecara klasikal hanya 5peserta didik(50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,9. Setelah diterapkannya model PBL dengan media kartu pintar interaktif tersebut pada siklus I sebanyak 6peserta didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,7dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10peserta didik(100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 100. Peserta didiklebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media kartu pintar interaktif mendukung peserta didikuntuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.Kata Kunci:huruf hijaiyah, model PBL dengan Media Kartu Pintar Interaktif, PAI dan Budi Pekerti.