PENINGKATAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERNIKAHAN DALAM ISLAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Penulis

  • Feri Tripani Kalami

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pernikahan dalam Islam dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Model PBL dipilih karena dapat mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, menyelesaikan masalah secara mandiri, dan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test yang melibatkan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada pemahaman materi pernikahan dalam Islam setelah penerapan model PBL. Selain itu, keterampilan sosial dan nilai-nilai budi pekerti peserta didik juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Diterbitkan

2024-06-30