PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN GURU

Penulis

  • Mirsad Damilu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi   Berbakti Kepada Orang Tua dan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase B Kelas III Sdn 6 Bone. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B Kelas III SDN 6 Bone Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil dan post test peserta didik tentang materi berbakti kepada orang tua dan guru. Hasil penelitian diperoleh penerapan model berdiferensiasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Berbakti Kepada Orang Tua dan Guru Sebelum diterapkannya model berdiferensiasi hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,9. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 5 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82,9. yang mencerminkan suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan efektif, di mana peserta didik tidak hanya lebih aktif berpartisipasi tetapi juga lebih termotivasi untuk terlibat dalam proses belajar-mengajar.

Diterbitkan

2024-06-30