MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMBACA SURAH AL-ALAQ MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS III SDN 3
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca Surah al-Alaq pada siswa kelas III SDN 3 Bulango Ulu melalui penggunaan media audio visual. Latar belakang penelitian ini didorong oleh temuan bahwa banyak siswa yang kesulitan dalam melafalkan ayat dengan harakat dan makhraj yang benar, disebabkan oleh rendahnya pemahaman tajwid dan kurangnya motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus pertama, penerapan media audio visual masih perlu perbaikan, terutama dalam hal motivasi siswa dan bimbingan guru. Pada siklus kedua, perbaikan dilakukan dengan meningkatkan bimbingan dan motivasi, serta membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk pengawasan yang lebih intensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, 31,25% siswa terampil, 37,50% cukup terampil, dan 31,25% kurang terampil. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan dengan 81,25% siswa terampil, 12,50% kurang terampil, dan 6,25% sangat terampil. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual secara efektif dapat meningkatkan keterampilan membaca Surah al-Alaq pada siswa, dan metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an di tingkat dasar untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.