PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP PENGAMPUNAN ALLAH MELALUI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cara Allah mengampuni kesalahan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model problem based learning Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN 1 Asparaga Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi cara Allah mengampuni kesalahan. Sebelum diterapkannya model problem based learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 15 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 57. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 18 siswa (66%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 30 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 96 Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.