MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TANDA-TANDA BALIG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Penulis

  • Sitti Rahmah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas IV SD Negeri 15 Dungingi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, khususnya materi “Tanda-Tanda Balig,” melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa mencapai 72 dengan persentase ketuntasan sebesar 65%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 85 dengan persentase ketuntasan sebesar 90%. Selain itu, model PBL juga meningkatkan partisipasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Tanda-Tanda Balig.” Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih sering menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Diterbitkan

2024-04-20