PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERIMAN KEPADA MALAIKAT DIKELAS II SD NEGERI 4 BONGOMEME

Penulis

  • Indri Makale SDN 4 Bongomeme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model make a match untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi beriman kepada malaikat. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase A kelas II di SDN 4 Bongomeme Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 15 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Beriman Kepada Malaikat”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Make a Match hasil belajar peserta didik  secara klasikal hanya 6 peserta didik  (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64,8. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak  peserta didik  7 (46%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.64 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik  (93%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.26%. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan  model Make a Match. Peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2024-04-20