MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KISAH FATHU MAKKAH MELALUI POSTER CERITA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi sejarah kebudayaan Islam, khususnya kisah Fathu Makkah, sering kali rendah akibat penyajian materi yang kurang menarik dan metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V Fase C di SD Negeri 13 Limboto melalui media poster cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan poster cerita meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik, mempermudah pemahaman materi, serta meningkatkan motivasi belajar mereka. Dampaknya, peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran sejarah Islam dan mampu mengingat peristiwa Fathu Makkah dengan lebih baik. Dengan demikian, media poster cerita dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran sejarah Islam di tingkat sekolah dasar.