UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA MATERI KERAGAMAN SEBAGAI SUNNATULLAH

Penulis

  • Narti Misilu SD Negeri 4 Telaga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keragaman sebagai sunatullah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Metode Pembelajaran Snowball Throwing. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase C kelas IV di SDN 4 Telaga yang terdiri dari 24 pesertadidik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Adapun tahapan – tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada prasiklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan  yang  signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Keragaman Sebagai Sunatullah”. Pada prasiklus sebelum diterapkannya Metode Pembelajaran Snowball Throwing hasil belajar peserta didik  secara klasikal hanya 7 orang peserta didik  (29,16%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62,91. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak  peserta didik  17 (70,83%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72.91 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 22 peserta didik  (91,66%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81,45. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Metode Pembelajaran Snowball Throwing. Peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2024-04-20