PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ELEMEN QUR’AN HADITS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DI SMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi materi Qur’an Hadits melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase F kelas XI.1 SMA Negeri 1 Asparaga Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui model problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Qur’an Hadits. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 63.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.34 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 93,33. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.