PENERAPAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KISAH NABI NUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Kisah Nabi Nuh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Explicit Instruction. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A Kelas 2 SDN 10 Pulubala, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Explicit Instruction berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Kisah Nabi Nuh . Sebelum diterapkannya metode Explicit Instruction hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 4 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 77,3 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 peserta didik (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.