PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SURAH AL-KAUTSAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan peserta didik pada materi Surah Al-Kautsar dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Talking Stick. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas III SDN 4 Boliyohuto Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode talking Stick berhasil meningkatkan hafalan peserta didik pada materi Surah Al-Kautsar. Sebelum diterapkannya metode Talking Stick hafalan peserta didik secara klasikal hanya 6 peserta didik (46.15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 63. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 peserta didik (53.85%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 84 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 peserta didik (92.30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.61. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.