PENERAPAN METODE MODELING THE WAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SHOLAT FARDU BERJAMAAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Penulis

  • Ishak Anshari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil  belajar  Peserta didik  pada materi Solat Fardu Berjamaah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metodeModeling the way. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B Kelas 3 SDN 2 Tolangohula Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Modeling the way berhasil meningkatkan hasil belajar pesertadidikpada materi Solat Fardu Berjamaah. Sebelum diterapkannya metode Modeling the way hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 5 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2024-02-20