PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 3 TABONGO PADA MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman" di SDN 3 Tabongo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat dari penerapan metode discovery learning pada pelajaran PAI materi Indahnya saling menghargai di kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo pada pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh rekan sejawat dengan persentase pada siklus I 92,30% sedangkan pada siklus II dengan persentase 100%. 3) Penerapan metode discovery learning dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik pada materi indahnya saling menghargai. di kelas VII SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari hasil belajar peserta didik dengan persentase pada siklus I 63% sedangkan pada siklus II dengan persentase 81%.