PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstrak
Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar sering dikaitkan dengan penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zakat di SD Negeri 04 Tolangohula. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar meningkat dari 30% pada pra-tindakan menjadi 60% pada siklus I, dan akhirnya mencapai 90% pada siklus II. Penerapan MPI menciptakan pembelajaran yang menarik dan mendalam, sementara model PBL membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Guru berperan sebagai fasilitator, memberikan bimbingan yang relevan untuk membantu siswa memahami materi zakat secara lebih kontekstual.Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pembelajaran inovatif dengan menunjukkan bahwa integrasi PBL dan MPI tidak hanya efektif tetapi juga relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.