MENINGKATKAN HASIL BELAJARA PESERTA DIDIK PADA MATERI MENULIS HURUF HIJAIYAH BERSAMBUNG MELALUI METODE PRAKTIK

Penulis

  • Cindra Ali SDN 08 Wanggarasi

Abstrak

Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas penerapan metode praktik kelas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menulis huruf hijaiyah bersambung di kelas 2 SDN 08 Wanggarasi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan pada setiap siklus dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 10 Pasorongi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi menulis huruf hijaiyah bersambung meningkat setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan Metode Parktik. Dengan rata-rata hasil belajar dari 30% menjadi 80% dengan peningkatan 50%. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi menulis huruf hijaiyah bersambung memenuhi indikator keberhasilan yaitu minimal 75%. Berdasarkan analisis data dari setiap siklus pembelajaran, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan tindakan ini berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan.

 

Diterbitkan

2023-12-30