MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AYO BERPERILAKU TERPUJI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 10 TIBAWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Ayo Berperilaku Terpuji Dengan Model Discovery Learning Pada Peserta didik Kelas II SDN 10 Tibawa. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa Kelas II SDN 10 Tibawa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran visual dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menghormati orang lain di SDN 12 Mootilango. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar peserta didik sebelum dilaksanakan penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran materi Ayo Berperilaku terpuji di kelas II SDN 10 Tibawa, tingkat hasil belajar peserta didik sangat rendah dari 19 peserta didik yang telah mencapai target ketuntasan (KKM = 75) hanya 6 pserta didik atau 25% saja. Sedangkan 13 peserta didik lainnya atau 75% belum mencapai target ketuntasan KKM. Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I, hasil belajar peserta didik yang telah mencapai ketuntasan KKM baru 13 peserta didik atau 70% dan 6 peserta didik belum mencapai target tetuntassan KKM dengan nilai rata-rata kelas 76. Sehingga masih perlu dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus II. Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus II tingkat hasil prestasi belajar peserta didik telah mencapai target ketuntasan KKM dengan prosentase ketuntasan 100%, dengan nilai rata-rata 84,7.