MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 10 TABONGO DENGAN MODAL PBL BERBASIS NILAI QS. AL-HUJARAT AYAT 13

Penulis

  • Wati N. Koulu SDN 12 Batudaa Pantai

Abstrak

Kemampuan menulis merupakan keterampilan dasar yang penting bagi siswa sekolah dasar, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyusun tulisan yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDN 10 Tabongo melalui model Problem-Based Learning (PBL) berbasis nilai-nilai Q.S. Al-Hujurat ayat 13. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Rata-rata nilai menulis siswa meningkat dari 60 pada tahap awal menjadi 70 setelah siklus pertama, dan mencapai 85 setelah siklus kedua. Siswa juga mampu mengintegrasikan nilai-nilai Q.S. Al-Hujurat ayat 13, seperti kerukunan dan toleransi, ke dalam tulisan mereka. Penerapan PBL tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis tetapi juga membangun karakter siswa, seperti kemampuan berpikir kritis, kerja sama, dan menghargai perbedaan. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model pembelajaran berbasis nilai yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Implikasinya, guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam pembelajaran akademik untuk menghasilkan hasil yang lebih holistik. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji model ini di berbagai konteks pendidikan dan mengembangkan modul pembelajaran yang terstandar.

Diterbitkan

2023-12-30