MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI SALING MEMAAFKAN
Abstrak
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran berbasis masalah atau Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi “Saling Memaafkan” di kelas VI SD Negeri 12 Batudaa Pantai, Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan McTaggart, melibatkan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL meningkatkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dari 61,15 pada pra-siklus menjadi 72,31 pada Siklus I, dan meningkat lebih lanjut menjadi 82,46 pada Siklus II. Tingkat ketuntasan klasikal juga meningkat dari 38% pada pra-siklus menjadi 92% pada Siklus II. Peserta didik menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, sementara guru berhasil memfasilitasi pembelajaran secara efektif. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu pembelajaran dan heterogenitas kemampuan peserta didik, namun hal ini dapat diatasi melalui perencanaan yang lebih matang. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa PBL merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran berbasis nilai.