MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Cindra Ferawati Pakaya SDN 17 Tibawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI khususnya materi Asma’ul Husna melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 17 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pada pra siklus yang hanya mencapai 58.67 sementara pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan menjadi 69,61 dan peningkatan ini belum maksimal dengan masih terdapatnya peserta didik yang belum mengalami ketuntasa, hingga pada siklus II peningkatan terjadi dengan hasil akhir sebesar 80,00. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dapat berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik secara bertahap yang tidak terlepas dari keterlibatan penuh antara aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-12-30