MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS V DI SDN 23 DUNGINGI KOTA GORONTALO

Penulis

  • Nurdiana SDN 23 Dungingi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode snowball throwing pada materi asmaul husna. Metode yang digunakan ialah penelitian Tindakan kelas. Hasil penelitian menujukan bahwa penggunaan Metode Snowball Throwing pada Materi Asmaul Husna di Kelas V di SDN 23 Dungingi Kota Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 69,09 dengan prosentasi ketuntasan siswa 45,45 %. Dan pada siklus II dilaksanakan dengan bantuan media word card atau kartu kata maka nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 80,09 dengan persentasi ketuntasan 86,36 % dan sudah tercapai sesuai standar sekolah. Selain itu, observasi aktivitas mengajar guru juga mengalami peningkatan dari siklus I cukup dan siklus II sudah baik. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya aktif berpartisipasi, tetapi juga menunjukkan minat yang lebih besar terhadap materi yang diajarkan. Keberhasilan ini terlihat dari peningkatan interaksi siswa selama pembelajaran, serta adanya antusiasme yang tinggi saat melakukan kegiatan kelompok.

Diterbitkan

2023-12-30