UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PUASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SDN 20 TIBAWA

Penulis

  • Nurhayati Abdullah SDN 20 Tibawa

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa    pada  materi  Puasa  pada  mata  pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 20 Tibawa Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,   observasi   dan   dokumentasi.   Hasil  penelitian   diperoleh   model   Problem  Based  Learning   berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Puasa. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 80% dan hasil belajar peserta didik yang tuntans 18 orang (73,4%) dan pada siklus 2 terjadi peningkatan aktifitas peserta didik mencapai 95% serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 28 orang (100%). Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2024-02-28