MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MEDIA VIDIO ANIMASI DI KELAS 5 SDN NO 49 DUMBO RAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil Pemahaman siswa pada materi Perjanjian Hudaibiyah dan Fathul Makkah dengan berbagi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metodeVidio Animasi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C SDN No 49.Dumbo Raya Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di peroleh Media Vidio Animasi berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Perjanjian Hudaibiyah dan Fathul Makkah. Sebelum diterapkannya metode video Animasi pemahaman siswa secara klasikal hanya 2 siswa (18 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 54%. Setelah diterap kan nya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 siswa (36%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 siswa (82%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.