MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT KELAS IV SDN 94 KOTA UTARA

Penulis

  • Selvi Umar Sekolah Dasar Negeri 94 Kota Utara

Abstrak

Penelitian  Ini Bertujuan  Untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Siswa  Kelas  4  SDN 94 Kota Utara Dalam Menggunakan  Metode TGT (Teams Games Tournament)  Pada  Materi  Menyambut  Usia  Balig. Metode  Yang  Digunakan  Dalam Penelitian  Ini  Adalah  Deskripsi  Kualitatif  Melalui  Penelitian  Tindakan Kelas  (PTK).  Subjek  Penelitian  Ini Adalah  Siswa  Kelas 4  SDN  94 Kota Utara Kota  Gorontalo  Yang  Berjumlah  15  Orang.  Penelitian  Ini Dilaksanakan  Dalam  Dua  Siklus,  Dimana  Setiap  Siklusnya  Terdiri  Atas  Tahap  Perencanaan  (Planning), Pelaksanaan   Tindakan   (Acting),   Pengamatan   (Observing),   Dan   Refleksi   (Reflecting).   Instrumen   Yang Digunakan  Berupa  Non  Tes  Dan  Tes.  Tekhnik  Non  Tes  Yang  Digunakan  Yaitu  Wawancara  Dan  Observasi. Sedangkan Tekhnik Tes Berupa Tes Keterampilan Menceritakan Kembali Kisah Yang Didengar Oleh Siswa. Hasil Penelitian  Menunjukkan  Bahwa  Pembelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  Melalui  Penerapan  Pembelajaran Cooperative  Learning Dengan Menggunakan Metode TGT (Teams Games Tournament) Dapat  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama  Islam.  Indikator  Keberhasilan Pada Penelitian Ini  Adalah  Ketuntasan Belajar Kelas Dan Peningkatan Presentase Siswa Yang Mendapat Nilai Minimal 75 Mencapai 100% Melalui Penerapan  Pembelajaran Cooperative  Learning Dengan  Metode (Teams Games Tournament)  . Hasil  Belajar  Siswa  Pada Penilaian Keterampilan Menceritakan Kembali Kisah Yang Didengar Siswa Pada Siklus I Diperoleh Rata-Rata Nilai 70,06 Dimana Siswa Yang Mencapai Nilai KKM 75 Hanya 4 Siswa Dari 16 Siswa. Pada Siklus II Hasil Penilaian Keterampilan Menceritakan Kembali Kisah Yang Didengar Siswa Pada Pelajaran Pendidikanagama Islam Sudah Mencapai KKM 75 Dan Memperoleh Rata-Rata Nilai 80.

Diterbitkan

2024-02-28