MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODECROSSWORD PUZZLE PADA MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan Hasil Belajar Indahnya Saling Menghargai pada peserta didik SD Negeri 2 Dalapuli tahun pelajaran 2021/2022 melalui metode Crossword Puzzle. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa t kelas V SDN 2 Dalapuli tahun 2022 yang berjumlah 10 siswa. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CrosswordPuzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik “indahnya saling menghargai”. Hal ini terlihat pada Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 50% (sedang), sedangkan pada Siklus II semakin meningkat menjadi 100% (tinggi). Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Selain itu, metode ini juga meningkatkan keaktifan dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penerapan model CrosswordPuzzle pada Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.