PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERSUCI

Penulis

  • Maryam Dotinggulo MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Utara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada materi tata cara bersuci di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Utara melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan kelas ini di laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bolaang Mongondow Utara, Subyek  penelitiannya adalah siswa kelas VII  yang berjumlah 20  orang Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penerapan  model  belajar  Problem  Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi tata cara bersuci dari hadas dan Najis pada kelas  VII MTs N 1 Bolmut  tahun Pelajaran 2023/2024. Peningkatan minat belajar  terlihat dari ketuntasan klasikal yang menunjukkan bahwa siklus ke siklus terdapat peningkatan nilai ketuntasan klasikal. Hal ini dapat di tunjukkan  bahwa pada siklus I ketuntasan atau persentase  siswa yang tuntas 45% dan pada siklus menunjukkan 85% hal ini juga terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I dan II masing-masing 68,25 dan 80.

Diterbitkan

2023-12-02