UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA FASE B KELAS IV DI SD NEGERI 8 KWANDANG

Penulis

  • Nurwin Mohune SD Negeri 8 Kwandang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penggunaan Media Audio Visual. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Negeri 8 Kwandang Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penggunaan Media Audio Visual ini berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna. Sebelum diterapkankannya penggunaan media audio visual hasil belajar siswa hanya 5 orang peserta didik (20%) yang nilainya Sangat Baik (SB), dan 5 orang peserta didik (20%) yang nilainya Baik (B), sedangkan yang Perlu Bimbingan (PB) sebanyak 15 orang peserta didik (60%). Setelah diterapkannya penggunaan media audio visual tersebut pada siklus I dapat dijabarkan bahwa dari target peserta didik yang berjumlah 25 orang hasil belajarnya sudah mengalami peningkatan walaupun belum optimal hal ini terlihat dari capaian peserta didik yang mendapat kriteria Sangat Baik (SB) berjumlah 8 orang (32%), kriteria Baik (B) 3 Orang (12%), kriteria Cukup (C) 4 orang (16%) dan 10 orang (40%) termasuk dalam kriteria Perlu Bimbingan (PB) dan pada siklus II terjadi peningkatan hal ini terlihat dari capaian peserta didik yang mendapat kriteria Sangat Baik (SB) berjumlah 9 orang (36%), kriteria Baik (B) 16 Orang (34)%. Pada siklus II ini peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena dengan adanya penggunaan Media Audio Visual dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2023-11-28