PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA MATERI TRADISI MASYARAKAT ARAB SEBELUM ISLAM

Penulis

  • Nurlaida MIS YPUI Al Ikhwan Topoyo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Tradisi masyarakat Arab sebelum Islam pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui metode Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek dari penelitian ini adalah kelas III MIS YPUI Al Ikhwan Topoyo Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui metode Project Based Learning (PjBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Tradisi masyarakat Arab sebelum Islam. Sebelum diterapkannya metode Project Based Learning, didapati hasil belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.9. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 13 siswa (65%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.8 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 siswa (85%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73,4. Siswa terlihat lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2023-11-28