UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI RUKUN ISLAM KELAS 1 SDN 58 KENDARI
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran video pada mata pelajaran pendidikan Islam dengan materi Rukun Islam dengan masalah: Bagaimana penggunaan Media Pembelajaran Video untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 58 Kendari. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tindakan penelitian menggunakan II siklus,.Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas I fase A . Objek penelitian yaitu Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Rukun Islam dengan menggunakan media video. Data diperoleh dari lembar observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian pada setiap siklus dengan menggunakan media video telah mengalami peningkatan, hal ini terbukti. Sebelum diterapkan metode media video hasil belajar peserta didik klasik hanya 6 peserta didik (55% )yang tuntas dalam pembelajaran.Setelah di terapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 15 peserta didik (85%)yang tuntas dalam pembelajaran dan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 21 peserta didik (95%) tuntas dalam pembelajaran. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.Karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.. Dengan nilai rata- rata yang didapat pada pra siklus 52,37, siklus I 70,19 dan pada siklus II 83,73. Dengan nilai rata-rata diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media video dalam Upaya meningkatakan hasil belajar peserta didik dapat dikatakan berhasil.